Friday 19 September 2008

Beramal sebanyak - banyaknya...

Banyak sekali saya bertemu dengan orang - orang yang kita kenal maupun tidak dalam keseharian kehidupan kita. Dan banyak dijumpai sebagian orang itu selalu menunda untuk berbagi dengan sesama dengan bersedekah ataupun dengan beramal yang lain.

Mungkin memang saya orang yang tidak bisa menahan diri, dan selalu emosional jika melihat kemiskinan dan ketidakberdayaan anak kecil yang di ajak meminta - minta. yang selalu mengusik hati nurani saya. Termasuk juga anak - anak yang ada di panti asuhan, anak - anak yatim, piatu dan yatim piatu.

Seringkali saya berpikir keras, apa yang harus saya lakukan untuk membantu mereka? Menciptakan lapangan pekerjaan?? atau apa?? Saat ini kemampuan saya sangat terbatas (menurut saya). Tapi tekad untuk berbagi juga sangat besar dalam diri saya.

Sisi baik dari diri saya (mungkin) karena saya tidak mau menunda, apalagi jika melihat anak kecil tidak berdaya, tidak bisa sekolah karena tidak mempunyai biaya untuk sekolah dan terlebih lagi harus membantu orang tua mencari nafkah.

Alhamdulillah, sampai saat ini saya masih bisa melanjutkan kegiatan berbagi ini. Bukan berarti saya berbagi agar usaha saya lancar dan saya jadi orang kaya. Bukan itu... tapi saya berbagi untuk membantu mereka yang terpuruk dalam kemiskinan. Dan mungkin Allah melewatkan rejeki mereka lewat saya.

Kok ya ndilalah (orang jawa bilang), tiap mereka ada keperluan dan meminta kepada saya, jalan nya selalu ada, dan sebagian uang itu memang hak mereka. Jadi aku merasa malah mereka itu yang menolong saya, sehingga saya bisa menolong mereka dan menolong keluarga saya.

Jadi janganlah menunda untuk berbuat kebaikan, untuk bersedekah. meski ketika kita mengalami kesulitan, karena dari situ kita akan mendapatkan kemudahan.

No comments: