Wednesday 17 September 2008

Networking

Ketika saya masih di bangku kuliah ataupun sekolah, saya selalu berusaha untuk mempunyai banyak teman. Awalnya sih gak ada maksud apa - apa, hanya maunya berteman saja.

Hingga ketika saya kuliah, mungkin nilai kuliah saya juga STD lah, yang pasti masih bisa buat melamar kerja. Tapi saya bis akenal orang - orang di sekitar saya begitu banyak. Bahkan hingga sekarang saya selalu membina hubungan dengan teman - teman lamaku, baik dari SMP, SMA dan kuliah. Yang lucu lagi ketika saya berusaha mengumpulkan mereka, akhirnya mereka bisa kenal satu sama lain.

Ternyata banyak teman - teman saya kuliah saya dulu pernah berbisik - bisik diantara mereka, bahwa si A akan sukses karena bla.. bla.. dan termasuk saya. Katanya saya punya banyak teman dan mereka selalu siap membantu saya. Aminnn jika memang saya bisa jadi orang sukses.

Ketika saya sudah di dunia kerja, terutama ketika saya berusaha untuk membuat side bisnis yakni berjualan bantal de Bloomen. Ternyata hubungan pertemanan atau istilahnya Networking, itu penting sekali.

Tanpa harus saya ngotot beriklan, atau berjualan, cukup dari mulut ke mulut, ternyata de Bloomen bisa bertahan hingga detik ini dan itu sudah 1,5 th. Awal mulanya saya juga tanpa modal, dan sejujurnya saya tidak berpikir bahwa usaha Bantal ternyata bisa bertahan dan menghasilkan side income buat saya.

Lewat satu teman, bisa satu lantai kantor pesan bantal saya semua. Bahkan 1 perusahaan, alamak... sungguh tidak disangka - sangka.

Dan perlu diketahui, ternyata bukan hanya teman - teman saya di 1 kota saja, bahkan yang ada di luar pulau pun turut menjadi pemakai dan penjual produk saya.

Networking itu penting dan sekali lagi sangat penting, terutama buat kita yang wirausaha. Jalinlah silaturahmi dan jagalah hubungan baik itu, pasti kita akan mendapatkan manfaatnya, mungkin tidak sekarang tapi di kemudian hari.

1 comment:

Fikri Autocipta said...

salam kenal, kami telah mencoba membangun bisnis kecil-kecilan dirumah, menempati lahan parkir dan satu ruang di rumah mertua sebagai kantor di Jl. Swadharma Raya, Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, untuk buka jual beli tukar tambah mobil dan juga jaminan kredit, yang kebetulan dibackup oleh kakak yang bekerja di salah satu perusahaan otomotif terbesar di indonesia.
Untuk penyebaran informasi secara online kami mencoba membuat blog : http://www.autocipta.blogspot.com
sebagai ajang promosi online kami, sudi kiranya Bapak mengomentari blog kami, untuk kekurangannya dimana agar kami dapat memperbaiki dan kami minta saran kiat-kiat pengembangan bisnis untuk bidang kami sekiranya bapak sudi membantu.
terima kasih